10 Alasan Bisnis Coffeeshop di Jogja Terus Tumbuh Pesat

10 Alasan Bisnis Coffeeshop di Jogja Terus Tumbuh Pesat

Bisnis coffeeshop di Yogyakarta saat ini sangat berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dari awalnya hanya sebagai tempat untuk minum kopi hingga kini coffeeshop telah menjadi destinasi atau gaya hidup bagi banyak orang di jogja, bahkan sekarang coffeeshop juga sering di gunakan untuk tempat bekerja bagi para freelancer. Berikut adalah 10 alasan mengapa bisnis coffeeshop ini semakin diminati di jogja :

  1. Target pasar yang sangat luas – Bisnis Coffeeshop

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar, terdapat puluhan hingga ratusan ribu mahasiswa. Hampir setiap hari mahasiswa mencari tempat untuk mengerjakan tugas atau hanya untuk sekedar bersantai menikmati suasana kota jogja. Ditambah lagi dengan ribuan wisatawan yang terus berdatangan setiap minggunya, kombinasi ini menciptakan pasar yang sangat luas bagi bisnis coffeeshop di kota jogja.

  1. Budaya nongkrong yang kuat – Bisnis Coffeeshop

Masyarakat jogja khususnya generasi muda atau gen z sudah sangat lekat dengan budaya nongkrong. Coffeeshop menjadi pilihan utama untuk saat ini sebagai tempat yang nyaman untuk berkumpul dengan teman teman atau pasangan. Dengan adanya budaya nongkrong yang sangat kuat dari anak anak muda di jogja ini mendukung pertumbuhan bisnis coffeeshop di kota jogja.

  1. Inovasi menu kopi dan makanan yang disajikan

Salah satu kunci keberhasilan bisnis coffeeshop di jogja adalah inovasi menu yang di tawarkan. Banyak coffeeshop yang tidak hanya menawarkan menu kopi saja, tapi juga menyajikan makanan ringan hingga makanan berat dengan banyak inovasi dan sentuhan kreatif. Sebagai contoh kopi dengan campuran rempah atau menyajikan menu makanan tradisional dari kota jogja. Menyajikan menu dengan gabungan tradisional mampu menambah daya tarik bagi pengunjung karena sangat unik dan tidak semua coffeeshop menyajikan menu seperti itu.

  1. Tempat yang estetik dan instagrammabble – Bisnis Coffeeshop

Banyak coffeeshop di jogja memiliki dan terkenal dengan desain interior dan eksterior yang estetik dan instagrammable. Mereka sengaja merancang desain coffeeshop dengan tema tertentu sehingga mampu menarik pengunjung untuk berfoto dan membagikannya di media sosial. Konsep ini menjadi daya tarik utama bagi anak anak muda di jogja yang gemar berfoto atau yang gemar membuat konten di media sosial. Secara tidak langsung pengunjung yang berfoto atau membuat konten dan meng upload di media sosial sudah mempromosikan coffeeshop tersebut dan coffeeshop mendapat promosi secara gratis oleh para pengunjung.

Coffeeshop hits Jogja

  1. Dukungan kopi lokal yang berkualitas

Beberapa coffeeshop di Jogja mulai beralih untuk menggunakan biji kopi lokal dari daerah-daerah sekitar seperti Gunungkidul, Merapi, dan Kulon Progo. Cita rasa dari kopi kopi lokal tidak kalah enak dengan kopi kopi dari pulau Sumatra atau kalimantan. Dengan demikian, petani lokal pun terbantu.

  1. Pertumbuhan coworking space

Tren bekerja di luar kantor atau bekerja dari jarak jauh (remote work) semakin populer saat ini di jogja. Seiring tren remote work, banyak kedai menyediakan wifi dan stopkontak. Akibatnya, freelancer dan digital nomad merasa nyaman bekerja di sana.

  1. Harga yang terjangkau

Meski konsepnya kekinian, harga kopi dan makanan relatif murah. Ini jelas menarik mahasiswa dan wisatawan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa bisnis coffeeshop ini begitu populer di jogja karena dapat diakses oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa hingga para wisatawan. Mahasiswa yang ingin mencari tempat untuk mengerjakan tugas atau hanya ingin bersantai tidak perlu khawatir lagi tentang harga yang ditawarkan oleh coffeeshop di jogja.

  1. Kegiatan acara dan komunitas

Beberapa kedai rutin menggelar live music, pameran seni, atau diskusi kreatif. Acara semacam ini menjadi magnet bagi para pengunjung dan menambah daya tarik terutama mereka yang aktif di komunitas kreatif, komunitas seni dan juga komunitas penikmat musik.

  1. Dukungan teknologi digital

Perkembangan teknologi dan maraknya penggunaan media sosial juga berperan dalam memajukan bisnis coffeeshop di jogja. Banyak coffeeshop yang menggunakan platform digital seperti Instagram, tiktok, google maps, dan aplikasi pengiriman online untuk mempromosikan produk mereka dan menarik lebih banyak pengunjung. Selain itu, platform delivery dan pembayaran digital makin memudahkan transaksi.

  1. Keramahan dan budaya pelayanan yang baik

Kota jogja terkenal dengan keramahan penduduknya, dan hal ini juga tercermin dalam pelayanan di banyak coffeeshop. Pelayanan yang ramah dan hangat menjadi salah satu alasan utama mengapa pelanggan senang kembali ke coffeeshop tertentu. Faktor ini menjadi daya tarik tersendiri bagi coffeeshop di jogja yang sulit ditemui di tempat atau kota kota lain.

Baca juga: 7 Bisnis Paling Populer di Kalangan Mahasiswa, Nomer 7 Bikin Kamu Tercengang!